MITSUBISHI BINTARO

ARTIKEL & PROMO TERBARU

Mitsubishi XM Concept kedapatan tengah diuji di Bandung

Video berdurasi 2 menit 30 detik di atas menampilkan sebuah kendaraan dengan kapasitas 7 penumpang. Ini adalah kendaraan konsep bernama XM Concept yang telah diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 oleh Mitsubishi Motors Co.

Kehadiran wujud nyata XM Concept yang akan diterapkan sebagai mobil massal pun mulai terkuak.

Saat di Jakarta tengah berlangsung pameran Indonesia International Motor Show (IIMS), sebuah foto yang dilansir Indianautosblog, Jumat (5/5/2017), menangkap uji coba mobil yang mirip XM Concept sedang wara-wiri di wilayah Bandung, Jawa Barat.

Mobil berjenis low multi purpose vehicle (LMPV) ini diprediksi akan menjadi kendaraan debutan PT. Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang merupakan anak perusahaan PT. Mitsubishi Motors Indonesia (MMI).

Secara umum, Mitsubishi XM Concept merupakan perpaduan antara crossover dan MPV dengan gaya yang sporty. Jika beredar di Indonesia, mobil ini akan menantang langsung Toyota Avanza, Honda BR-V, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga.

Dengan bekal konfigurasi tempat duduk tujuh penumpang, serta jarak bodi kendaraan dan tanah (ground clearance) yang cukup tinggi, mobil ini diklaim cukup ideal untuk melintasi kondisi jalanan berbatu, bahkan banjir yang lazim ditemui di Indonesia.

XM Concept versi produksi massal akan menggunakan platform”all-new” dan mendapat tenaga dari mesin bensin 1,5 liter, dan empat penggerak roda (All Wheel Drive).

Tsunehiro Kunimoto, Corporate General Manager Design Mitsubishi Motors, mengatakan bahwa produksi mobil ini –dikatakan bernama Mitsubishi XM– akan memiliki kemiripan 80 persen dengan XM Concept.

Mitsubishi XM dikatakan sebagai produk silang yang diciptakan aliansi Mitsubishi-Nissan. Mitsubishi memasuki aliansi Renault-Nissan setelah Nissan membeli 34 persen saham Mitsubishi senilai JPY237 miliar (Rp27,8 triliun) pada Mei 2016.

XM Concept juga dipamerkan di ajang IIMS 2017 yang berlangsung selama 11 hari dari tanggal 27 April hingga 7 Mei lalu di gerai pamer Mitsubishi.

Menurut penelusuran Viva, XM Concept produksi massal ternyata sudah bisa dipesan konsumen. Menurut penjelasan seorang wiraniaga, calon konsumen sudah bisa melakukan pemesanan dengan membayar uang pemesanan (booking fee) minimal Rp2 juta.

“Mobil ini menarik perhatian, harganya juga menarik, mulai di bawah Rp200 jutaan. Saat kami di-briefing harganya antara Rp175 juta hingga Rp275 jutaan,” jelas sang wiraniaga yang tak disebutkan namanya itu.

Meskipun belum dibuka pra-pemesanan, menurut Imam Choeru Cahya, Head of Sales & Marketing Group MMKSI kepada Liputan6 (6/5), ternyata jumlah konsumen peminat XM Concept sudah mencapai 5.000 orang lebih.

“Angka ini dari roadshow kami di beberapa kota untuk memperkenalkan XM Concept. Baik itu yang di Jakarta maupun Bandung,” kata Imam.

Bahkan seperti dipaparkan Mobil123, kemungkinan Mitsubishi XM nanti akan diproduksi secara lokal di pabrik baru Mitsubishi di Delta Mas, Bekasi, Jawa Barat.

Pabrik yang dibangun di lahan seluas 30 hektar ini memerlukan investasi sebesar Rp7,5 triliun dan menyerap sekitar 3.000 tenaga kerja.

Pabrik itu diklaim mampu memproduksi sekitar 160.000 unit kendaraan setiap tahun. Jumlah tersebut masih bisa ditingkatkan menjadi 240.000 unit. (Oleh : Mustafa Iman/beritagarid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *