MITSUBISHI BINTARO

ARTIKEL & PROMO TERBARU

Bedah Empat Fitur Keselamatan Terbaru Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate

Seiring dengan pengoperasian pabrik baru mereka di kawasan Delta Mas, Cikarang, Bekasi, Mitsubishi turut menambah varian baru untuk SUV (Sport Utility Vehicle) andalan mereka, Pajero Sport.

Dakar 4×2 Ultimate jadi dagangan baru yang diharapkan mendongkrak hingga 200 unit penjualan Pajero Sport, yang saat ini berada di angka 1.600 – 1.800 unit per bulan. Dibanderol Rp 549 juta, Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate memiliki penambahan empat fitur keselamatan.

“Kalau dicermati, di spek yang ada di luar sebelumnya fitur ini bukan baru. Untuk Pajero Sport di luar negeri sudah diadaptasikan,” kata Head of Product Planning Department PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Guntur Harling saat ditemui di penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017.

Bedah fitur
SUV tiga baris kursi ini sudah memiliki 7 SRS airbags; pengemudi dan penumpang baris pertama (2 buah), lutut pengemudi (1 buah), sisi depan (2 buah), dan sisi tirai (2 buah). Soal fitur keselamatan aktif, ada Forward Collision Mitigation System (FCM).

Guntur menjelaskan, fitur ini mencegah terjadinya tabrakan dengan kendaraan di depan. Caranya, mobil memiliki sejumlah sensor untuk membaca lingkungan dan kemudian sistem mengatur sistem pengerman dari kendaraan.
“Fitur ini juga ada pengaturannya bisa dibuat sangat sensitif dan sebaliknya, bahkan bisa dinonaktifkan,” jelasnya.
Adapula Blind Spot Warning (BSW) yang bisa mendeteksi kendaraan di sekitar mobil dengan jarak lebih-kurang tiga meter. Fitur ini sangat membantu untuk mencegah senggolan dengan kendaraan lain ketika berpindah jalur atau berbelok.

Tak ketinggalan, Ultrasonic Misacceleration (UMS) turut disertakan pada Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate. Fitur ini akan bekerja berdasarkan data dari sensor-sensor untuk menghentikan output dari mesin selama kendaran.
“Ada kasus mobil jatuh dari gedung parkir karena salah operasi. Dengan adanya fitur ini bisa menghindari tabrakan yang disebabkan kesalahan pengoperasian pedal gas pada saat kendaraan berhenti atau hampir berhenti,” kata Guntur.

UMS mengandalkan empat sensor yang dipasang pada bumper depan dan belakang. Ketika mendeteksi adanya obyek di depan atau belakang, maka sistem akan membuat laju mobil berhenti.
Lebih lanjut, fitur yang seluruhnya beroperasi berdasarkan kemampuan sensor ini tak perlu memperhatikan perawatan khusus atau perlu dikalibrasi.

“Enggak ada waktu tertentu untuk kalibrasi. Ada problem di sensor akan ada warning di MID. Tentunya, konsumen punya kewajiban untuk melakukan perawatan berkala. Di situ akan dicek semua kalau ada masalah langsung ditangani,” Head of Technical Service Department MMKSI Boediarto menambahkan.
Selain empat fitur keselamatan, Mitsubishi juga menyematkan Roof Monitor 9 inci, Adaptive Cruise Control, Tailgate Spoiler, juga Center Door Lock Button, dan Power Window Switch Ilumination. (Sumber Kumparan.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *